Sample Page

Lupa Backup dan komputer Terlanjur Rusak? Begini Cara Menyelamatkan Data IPOS5

ini adalah trik terakhir yang bisa anda lakukan jika komputer anda rusak/eror, yaitu dengan menyelamatkan folder database program ipos5 nya, cara ini agak dibilang lebih susah sedikit, saya sarankan agar untuk trik ini diserahkan ke pada orang yang mengerti IT dan mengerti IPOS5 , oke kita menggunakan trik ini jika ansumsikan keadaan komputer anda seperti berikut

  • Gagal Booting/tidak menyala
  • Terkena Virus (harus install ulang)
  • Windows Eror Sehingga tidak berjalan seagai Mestinya
  • IPos5 tidak bisa di buka sama sekali
  • Dan lain-Lain yanga membuat anda tidak bisa memakai komputer sebagaimana mestinya

Oke, Jika anda mengalami kejadian di atas JANGANLAH ANDA BURU BURU INSTALL ULANG karena ada file yang perlu di copy, dibutuhkan  Komputer cadangan yang berfungsi sebagai media master untuk membaca hardisk komputer yang rusak.

  1. Lepas hardisk dan kabel Sata pada komputer yang rusak
  2. pasang hardisk komputer rusak ke komputer cadangan sehingga komputer cadangan punya 2 hardisk
  3. booting seperti biasa di komputer cadangan
  4. oke setelah ready, carilah folder database ipos5 yang bernama folder :”data” , biasanya ada di C:\Program Files \Inspirasibiz\Server System 1.0\pgsql9.5, atau klo databasenya ada di D:\Inspirasibiz\Server System 1.0\pgsql9.5   #note biasanya bukan partisi C, tetapi bisa E,F, G, dll intinya format foldernya seperti itu.
  5. Copy foder “data” tadi dan taruh ke tempat yang aman, seperti flashdisk
  6. oke setelah itu silahkan shutdown komputer cadangan dan lepas hardisk yang tadi , dan pasang kembali hardisknya ke komputeyang rusak
  7. Silahkan Install ulang

Oke Langkah Berikutnya adalah

  • Install Program IPOS5 dan Inspirasi Server Sistem (installer ada di cd atau bisa request download di sini)
  • Matikan Service Server IPos 5 dengan cara buka tool Services pada windows (tombol win + R maka masuk ke run ketik “services”)
  • Setelah terbuka tool services, cari service Ipgsql 9.5 dan klik kanan pilih stop
  • Setelah Service ipgsql sudah berhenti, saatnya anda menuju ke C:\Program Files \Inspirasibiz\Server System 1.0\pgsql9.5 dan rename folder “data”  menjadi “databackup” (untuk mencegahkesalahan sistem)
  • Copy folder “data” yang ada di flashdisk (data komputer yang rusak) dan pastekan ke lokasi C:\Program Files \Inspirasibiz\Server System 1.0\pgsql9.5 yang tadi.
  • setelah Selesai tercopy, buka tool services dan start ipgsql.
  • Coba buka ipos5 dan cek apakah database nya terselamatkan ,

demikian artikel singkat ini Cara Menyelamatkan Data IPOS5 , semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu .

Cara Backup Database Program Toko IPOS 5

Backup database merupakan kegiatan yang sangat penting dalam mengamankan data, jadi jangan sepelekan hal ini. Bayangkan jika tiba-tiba komputer kasir toko rusak, crash atau bahkan hilang!! Tentu akan sangat sulit mengembalikan data dan transaksi yang telah dilakukan berbulan-bulan. Entry ulang, rasanya tidak mungkin lagi dilakukan, wasting time.

Namun sayangnya banyak yang belum sadar kalau belum kejadian, padahal backup itu mudah kok, Berikut ini saya akan membagikan tip dan trik cara backup database Program Kasir. yaitu : Program Toko iPOS 4.0, Program Apotek dan Klinik serta Program Restauran.

  1. Pertama-tama jalankan Program Toko iPos 5.0 (atau Program lain yang saya sebutkan di atas). Login : admin

 

2. Klik menu Pengaturan, kemudian klik Backup Database, lalu klik browse untuk mencari folder dimana akan disimpan database backup.

 

3. Pilih tempat penyimpanan database, kemudian ketik nama file backup setelah itu klik SAVE.

 

4. Langkah selanjutnya atau terakhir adalah klik tombol PROSES, tunggu sampai selesai.

Saya sarankan agar backup database kasir disimpan pada flash disk atau external disk dan disimpan dengan aman (terpisah dari komputer), kalau perlu di bawa pulang. Ini untuk menjaga keamanan lebih, saya kira purbajaga lebih baik dari pada Anda menyesal.

Scroll to top